Monday, 21 October 2013

Rangkuman Proses Inseminasi Plus Biayanya

Seorang teman menyatakan jadi semangat untuk memulai program lagi setelah mendengar aku sudah menempuh jalan inseminasi ini. Alhamdulillah kalo semangatku menular kepada orang lain. Aku sendiri, seperti yang pernah aku ceritakan disini, jadi bersemangat untuk memulai baby program lagi setelah mendengar cerita dari temanku yang mengikuti program bayi tabung. Bagaimana hasil program bayi tabungnya? Sayangnya gagal, namun itu tidak membuatku patah hati. Kita tetap harus berusaha, namun kita harus memasrahkan hasilnya pada Allah, ya tho?

sumber dari sini
Seorang teman lainnya menyatakan bahwa 3 bulan lagi dia akan mengikuti program inseminasi. Ada lagi yang sedang berencana insem. Aku udah janji sama mereka untuk merangkum proses beserta gambaran biayanya disini.  Siapa tahu berguna juga buat pembaca lain yang juga akan menjalani inseminasi, khususnya di RS Bunda. Hari ke-... yang ada disini adalah hari keberapa dari siklus menstruasi, ya. Jadi, kalo memutuskan untuk insem, sebaiknya ke dokter beberapa hari menjelang jadwal menstruasi. Oya, karena Dokter Anggia itu prakteknya berpindah-pindah, aku kudu nurut sama jadwalnya. Jadi kadang bisa konsul di RS Bunda, kadang di BIC. Kalo di BIC, penjelasan di notanya pake bahasa Inggris, trus biaya konsul  dokternya juga lebih mahal 50ribu :(


H - 4
Konsultasi di RS Bunda
Biaya konsultasi obgin : Rp 200.000,-
Biaya umum RS : Rp 50.000,-
Biaya USG : Rp 150.000,-
Biaya print hasil USG : Rp 20.000,-
Sensi gloves : Rp 2.400,- (ini sarung tangan dokternya)

Obat :
Ofertil (10 tablet) : Rp 170.000,-

Total biaya : Rp 592.400,-

Hari 4 s/d Hari 9
Konsumsi Ofertil.

Hari 9
Konsultasi di RS Bunda. Ofertil yang sudah dikonsumsi tidak memberikan pengaruh apapun pada sel-sel telurku. Sehingga diputuskan untuk suntik pembesar telur mulai hari ini. Jadwalnya tetap, bila ada pergeseran masih dimungkinkan asal dalam tenggat 2 jam. Untuk aku, jadwalnya adalah setiap jam 15.30. Suntikan dilakukan oleh suster jaga, dan Alhamdulillah, free of charge.
Biaya konsultasi obgin : Rp 200.000,-
Biaya umum RS : Rp 50.000,-
Biaya USG : Rp 150.000,-
Biaya print hasil USG : Rp 20.000,-
Sensi gloves : Rp 600,-

Obat :
Puregon 50 IU (3 ampul) : Rp 1.620.000,-
Alat injeksi 3 cc (3 buah) : Rp 13.500,-
Pastik (3 buah) : Rp 1.800,- (engga tau ini apaan...apa plastik gitu ya, maksudnya?)

Total biaya : Rp 2.055.900,-

Hari 9 s/d Hari 11
Suntik Puregon 50 IU.

Hari 12
Konsultasi dokter, diputuskan menambah 3 suntikan Puregon lagi. 3 suntikan sebelumnya sebenarnya sudah memberikan respon, namun masih kurang memenuhi harapan.
Biaya konsultasi obgin : Rp 250.000,-
Biaya umum RS : Rp 50.000,-
Biaya USG : Rp 175.000,- (sudah termasuk print hasilnya)

Obat :
Puregon 50 IU (3 ampul) : Rp 1.620.000,-
Alat injeksi 3 cc (3 buah) : Rp 15.000,-
Jarum suntik (3 buah) : Rp 3.300,-
(kalo di RS Bunda kok engga ada ini ya...)
Pastik (3 buah) : Rp 1.800,-

Total biaya : Rp 2.115.100,- 

Hari 12 s/d Hari 14
Suntik Puregon 50 IU.

Hari 14
Karena keesokan harinya yang dijadwalkan konsultasi itu dokternya libur, jadi setelah dapat suntikan ke-6, disuruh langsung konsultasi. Ternyata disuruh nambah 1 suntikan lagi.

Biaya konsultasi obgin : Rp 250.000,-
Biaya umum RS : Rp 50.000,-
Biaya USG : Rp 175.000,-

Obat :
Puregon 50 IU (1 ampul) : Rp 540.000,-
Alat injeksi 3 cc (1 buah) : Rp 5.000,-
Jarum suntik (1 buah) : Rp 1.100,-
Pastik (1 buah) : Rp 600,-

Total biaya : Rp 1.021.700,-  

Hari 16
Secara kemarinnya adalah hari suntikan ketujuh, berarti waktunya konsul lagi, yaitu sore hari di BIC. Kata dokter, hasilnya bagus. Ada 3 telur yang ukurannya minimal 18 mm. Pada jam 21 dijadwalkan untuk mendapat suntikan Pregnyl yaitu pemecah folikel (kantung telur). Diperkirakan telur akan pecah 36 jam kemudian.

Biaya konsultasi obgin : Rp 200.000,-
Biaya umum RS : Rp 50.000,-
(Aneh, biasanya Rp 250.000,- trus ada biaya USG juga. Kali ini engga ada...)

Obat :
Pregnyl 5000 IU (2 ampul) : Rp 1.011.400,-
Alat injeksi 3 cc (1 buah) : Rp 5.000,-
Jarum suntik (1 buah) : Rp 2.000,-
Pastik (1 buah) : Rp 600,-

Total biaya : Rp 1.269.000,-

Oya, jarum suntik yang digunakan untuk Puregon dan Pregnyl berbeda. Kalo Puregon, pake 27G, kalo Pregnyl 21G. Just info, makin besar nomornya, makin kecil diameter jarum suntiknya.

Hari 18
Saatnya inseminasi. Dari pagi, perut udah kram banget. Pagi hari adalah saat untuk pengambilan sperma, siangnya tindakan inseminasi. Kesemuanya di BIC. Selesai tindakan, diberikan resep obat-obatan penguat kandungan.

Biaya inseminasi : Rp 2.000.000 (udah termasuk preparasi sperma)

Obat :
Utrogestan 100 mg (30 kapsul) : Rp 291.000,-
Utrogestan 200 mg (15 buah) : Rp 247.500,-
Ascardia 80 mg (15 tablet) : Rp 16.500,-
Pregnyl 1500 IU (2 ampul) : Rp 496.600,-
Alat injeksi 3 cc (2 buah) : Rp 10.000,-
Jarum suntik (2 buah) : Rp 4.000,-
Pastik (2 buah) : Rp 1.200,-

Total biaya : Rp 3.066.800,-

Jadi, kalo ditotal keseluruhan biaya yang sudah dikeluarkan untuk inseminasi ini adalah:

Rp 10.120.900,-

Itu belum termasuk biaya pembatalan tiket-tiket pesawat dan keretaku. Hiks...

Demikian... Semoga membantu :)

42 comments:

  1. Ternyata biayanya ga sedikit ya...seoga berhasil ya mbk proses insemnya...aku jd siap2 nabung kalau2 nanti butuh proses insem juga..mudah2n kita sama2 berhasil ya mbk program baby nya \^_^/

    ReplyDelete
  2. Iya, mba, lumayan juga biayanya. Tapi semua tergantung masing-masing individu, siy. Karena treatment (terutama suntikan Puregon) yang dibutuhkan masing-masing orang itu berbeda.
    Moga mba theresia engga perlu sampai ke tahap insem untuk bisa hamil, ya... :)
    Yuk, kita sama-sama berdoa. Dan tentunya terus semangat ^_^

    ReplyDelete
  3. Mba isti pakai asuransi yaa, diganti kantor ga c? apa uang pribadi ya ?? mahal yaa :(

    ReplyDelete
  4. pastik itu kapas alkohol :)
    aq juga lg mau insem minggu ini semoga berhasil... semangattt

    ReplyDelete
  5. @Dz : maap baru balas. aku engga ikut asuransi :p
    @ Rosalyn : ooo, baru tau. makasiy infonya :D semoga insemnya berhasil, ya...semangattt!!! dimana, kalo boleh tau?

    ReplyDelete
  6. Hai Mba Sondang Mala... BIC itu Bunda International Clinic. Masih 1 grup dengan RS Bunda, lokasinya pun hanya berjarak 2 gedung.

    ReplyDelete
  7. @isti..thank ypu ya..share pengalamannya...aku malah mikirnya biaya insem tu mpe ratusan juta lho... sekali lagi makasih ya...^_^, semoga ak g sampe ke tahap itu..amiennn...lagi program hamil neh...doakan berhasil ya...

    ReplyDelete
  8. Makasiy juga udah mampir kesini, Mba Seprina. Alhamdulillah kalo sharing dariku ini bermanfaat buat Mba. Iya, Mba, memang engga sampe ratusan juta, tapi tetep aja mudah-mudahan Mba engga harus menjalaninya. Moga programnya berhasil ya, Mba :)

    ReplyDelete
  9. wah, lengkap bangett.. saya juga sedang promil.. kata dokterku, kalo sebulan ini ga bisa ditangani obat2an, berarti harus inseminasi.. hmmm...saling doakan ya mba Isti

    ReplyDelete
  10. Mudah-mudahan dengan obat-obatan sudah cukup, ya, mba :)
    Semoga lancar terus programnya ;)

    ReplyDelete
  11. Klo dengan inseminasi kita bisa menentukan jenis kelamin calon bayi yg kita inginkan ga?

    ReplyDelete
  12. Bisa, Mba Dewi :) Bedanya cuma pemrosesan spermanya aja. Kalo minta cowo, bakal lebih lama...

    ReplyDelete
  13. Salam kenal mbk isti .sy juga lagi promil neh smoga kita n teman yg lagi promil segera di karuniai debay yaaaa

    ReplyDelete
  14. Salam kenal juga, Mba Kurnia. Makasiy sudah berkunjung ya...
    Aminnn... kita saling mendoakan ya, mba :)

    ReplyDelete
  15. Semangat ya Isti.. ;)
    Slama program insem, ambil cuti krja ato gmn?
    Smoga programx sukses, diberikan kmudahan dn lancar sampai akhir.. amiiinn..;)

    ReplyDelete
  16. Waw, ada Dina... Apa kabar, Din? Makasiy udah mampir ya :-*
    Waktu itu aku baru cuti setelah tindakan, 2 minggu gitu cutinya.
    Kalo untuk tindakan-tindakan persiapan, aku cuma izin bentar ama kantor, misalnya kalo mau suntik (ada tulisan tersendiri tentang 7 kali suntikan yang kudu aku lakoni).
    Makasiy atas semangatnya ya... Insemnya berhasil, sayang janin tumbuh di luar kandungan, jadi harus dikeluarkan. memang belum rejeki siy, ya :)

    ReplyDelete
  17. Ikut sedih mb dengerny :( skrg gmn mb udah hamil alami kah?ak baru mau insem dgn dr.irham mb pas browsing pas nemu blog inih..mmbantu sangat :) oia sblum insem ada test2 lab gt gk ya?thx

    ReplyDelete
  18. Hai poetridee...
    Aku belum hamil lagi. Jadi sekarang emang lagi belum program lagi tapi berusaha memperbaiki kualitas hidup. Hehehe...
    Sebelum insem, aku sempat tes HSG dan juga cek darah.

    ReplyDelete
  19. terima kasih infonya ya ... kami berencana insem juga ... smoga berhasil ... amin

    ReplyDelete
  20. Sama-sama, Mas Didi :) Alhamdulillah kalo infonya dirasa bermanfaat. Semoga insemnya berhasil ya...

    ReplyDelete
  21. Salam kenal mba isti.. sy jg lg promil. Dan bermasalah pada lendir rahim. Skrg msh minum obat. Jika gagal selanjutnya br insem. Mba isti masalahnya apakah di lendir rahim jg?

    ReplyDelete
  22. infonya bermanfaat bgt mba, buat yg lagi mau nyoba inseminasi sepert saya. mana dokter saya gak komunikatif :( semangat ya mba, soga doa2 kta dikabulkan Allah SWT dalam waktu sebaik2nya amin yrb

    ReplyDelete
  23. Terimakasih info nya sangat membantu saya dn suami...:)

    ReplyDelete
  24. terimakasih buat mbak isti yang sudah berbagi pengalaman berharga ini,doa saya dan istri semoga cepat dapat momongan ya...

    ReplyDelete
  25. Terima kasih sudah mampir ke blog saya, Mba Eka Dewi, Mba Adelia, Mba Herlina, dan Mas Eddhie Lee. Mudah-mudahan kita semua segera dikaruniai momongan :)
    @Mba Eka Dewi : Saya PCOS, mba...

    ReplyDelete
  26. Kalo sperma suami yg bermasalah bisa inseminasi g yaa?

    ReplyDelete
  27. Halo...
    Bermasalah yang dimaksud disini seperti apa, ya? Kalo masalah jumlah, insem bisa menjadi solusi. Tapi tetap saja kualitas spermanya harus baik. Karena dikhawatirkan jika tidak berkualitas, kalopun berhasil hamil, bisa terjadi keguguran karena janin tidak berkembang.
    Jadi, bila bermaksud insem, sperma harus dicek dulu. Kalo masih kurang bagus ato bahkan jumlahnya masih kurang, dokter akan memberikan obat (vitamin-vitamin gitu) untuk memperbaikinya.

    ReplyDelete
  28. Kalo suami OAT apa bisa insem yaa mba....

    ReplyDelete
  29. Jika OAT, setahu saya harus diterapi dulu, mba :)

    ReplyDelete
  30. Saya IB di klinik permata hati RSUP Dr sarjito jogja total biaya sekitar 5jt :-)

    ReplyDelete
  31. Saya IB di klinik permata hati RSUP Dr sarjito jogja total biaya sekitar 5jt :-)

    ReplyDelete
  32. hai mba Isti.., aku awal nov kemarin insem di RS sari mulya Banjarmasin, masih deg2an nunggu waktu untuk kontrol lagi., mba boleh diceritain lanjutannya ga apa aja yg dirasain setelah insem? taunya janin diluar kandungan waktu UK brp? ikut sedih mba, sayang ya uda berhasil tp diluar rahim..

    ReplyDelete
  33. @Mba Rusyida : Wah, biayanya cuma separuhnya ya, Mba? Trus sekarang gimana Mba? Udah hamil?

    @Mba Ade Putri: Hai Mba Ade... Nanti kabarin ya, gimana lanjutan ceritanya? Moga insemnya berhasil ;)
    Untuk lanjutan ceritanya bisa dibaca di : http://www.istithoriqi.com/2013/10/masuk-igd-dan-ohss.html
    Tau janin di luar kandungan itu waktu UK 6 minggu. Ceritanya ada disini : http://www.istithoriqi.com/2013/11/good-bye-babyndut.html
    Memang sedih siy, tapi manusia hanya bisa pasrah, berarti memang itu yang terbaik menurut Allah :)

    ReplyDelete
  34. salam kenal mbak isti, alhamdulillah senang sekali saya menemukan blog ini. kebetulan hari ini saya dan suami dpata diagnosa lengkap mengenai kondisi reproduksi kami dan salah satu rencana disebutkan insem juga.

    mengenai puregon itu pakah selalu diberikan sebelum proses insem atau diberikan hanya pada wanita pada kondisi tertentu. makasi infonya?

    ReplyDelete
  35. Salam kenal mbk isti, baca blognya mbk isti jd pengen cb insem jg :)
    saya sebenernya sudah punya 1 putri dari hasil program bayi tabung, sekarang usianya sdh hampir 2th,kepengen hamil lg tp kalo' bisa gak program bayi tabung lg, pengen coba cara yg lebih hemat aja ;-)

    ReplyDelete
  36. Mbak, saya pingin tahu cara ambil sperma suaminya bagaimana? Di ambil pakai suntik kah? Maaf saya awam bangets.

    ReplyDelete
  37. Mb isti, insem nya berhasil gak mbak?

    ReplyDelete
  38. Mohon maaf untuk semua yang komen, saya baru sempat baca komen-komennya :'(
    @Bee's Nest : Sepertinya puregon memang selalu diberikan utk insem. Tapi utk dosisnya yang berbeda-beda.
    @Mba Ninik : Silakan dicoba, mba. Mudah-mudahan berhasil ya...
    @Traveling Tips : Diambil dengan cara alami mba, tapi bukan lewat berhubungan. Kalo masih bingung, boleh pm lewat email ya mba ;)
    @Anonymous : Saya berhasil hamil, namun sayangnya kehamilan terjadi di luar kandungan. Untuk cerita lengkapnya ada disini : http://www.istithoriqi.com/2013/11/good-bye-babyndut.html

    ReplyDelete
  39. Mbak Isti, bolehkah aku minta alamat email mu mbak? saya rencananya mau program di bic jg tapi sm dr. Ivan.. Pgn tanya2 nih.. Makasih banyak mbak isti sebelumnyaaaa

    ReplyDelete
  40. Maaf komen yang ini kelewat, mba. Email saya : isti@istithoriqi.com. Monggo kalo mau sharing ;)

    ReplyDelete
  41. Maaf komen yang ini kelewat, mba. Email saya : isti@istithoriqi.com. Monggo kalo mau sharing ;)

    ReplyDelete